Kamis, 23 Mei 2013

Jenis - Jenis Virtualisasi

Baru banyak tubes dan dikejar deadline jadi jarang update blog. Kali ini tak luangkan dulu waktuku biar update blognya. Sharing - sharing aja tentang materi parade CnC kemarin. Kali ini saya jelaskan jenis - jenis virtualisasi. Tapi sebelumnya, apa itu virtualisasi? virtualisasi merupakan piranti lunak untuk mensimulasikan sumberdaya piranti keras. Virtualisasi sendiri adalah sebuah metodologi membagi sumber daya dalam satu komputer ke dalam berbagailingkungan eksekusi. Ribet ya basanya? intinya tu membuat beberapa "mesin" virtual dalam satu "mesin" fisik.
Terus jenis-jenis virtualisasi itu ada apa aja? ini dia...
  1. Emulsi Piranti Keras
    Emulsi piranti keras akan menjalankan suatu mode yang membuat piranti keras secara virtual untuk mengemulasi piranti keras yang diinginkan. Setiap instruksi harus disimulasikan pada piranti keras dibawahnya yang merupakan emulasi dan piranti keras sebenarnya sehingga kinerja akan menurun hingga 100 kali dari biasanya. Virtualisasi jenis ini adalah virtualisasi yang paling rumit.
  2. Virtualisasi Penuh
    Virtualisasi penuh dikenal juga sebagai native virtualisasi, dimana virtualisasi penuh ini menggunakan sebuah hypervisor yang menghubungkan guest dan piranti keras.
    Mesin virtual mengabstarksi piranti keras, mengijinkan sebuah sistem operasi tak termodifikasi untuk dapat berjalan. Sistem operasi yang berjalan pada mesin virtual memberikan instruksi kepada piranti keras dengan cara melalui mesin virtual. Virtualisasi penuh memberikan pemodelan lengkap dari piranti keras.
  3. Paravirtualisasi
    Paravirtualisasi mirip dengan virtualisasi penuh namun dalam metode ini aka terjadi pemodifikasian sistem operasi pada guest. Metode ini membutuhkan kompilasi ulang atau trapping. Kekurangan dari paravirtualisasi terletak pada kemampuan yang tidak mendukung sistem operasi yang tidak dapat dimodifikasi (misal windows server) namun kinerjanya mampu mendekati native.



0 komentar:

Poskan Komentar